Memelihara Burung Menggunakan Aviary Ala BDB Channel

0
30

Bandung Senzangwarna.com

Memelihara burung bagi pencinta burung adalah sebuah kepuasan yang tidak bisa di ungkapan.
Banyak pecinta burung di tanah air membuat kandang Aviary, sebagai kandang burung peliharaan yang banyak diminati saat ini, dari yang ukuran besar hingga berukuran sedang, memelihara burung menggunakan Aviary memang lebih layak kepada burung tersebut yang dipeliharanya menjadi lebih leluasa, disamping sebagai kandang, juga sebagai tempat untuk berkembang biak burung-burung tersebut.

Di kandang Aviary juga burung bisa dicampur secara koloni dengan burung lainnya.
Menurut pemilik “Aviary BDB Channel Mas Bowo” atau yang sering disebut Bowo ini dalam Channel YouTube nya. “Memelihara burung secara koloni boleh saja, yang penting jangan mencampur burung predator atau burung paruh bengkok yang bisa merusak burung lainnya.

“Sebelum melepaskan ke kandang Aviary, alangkah baiknya burung yang akan dilepas di karantina terlebih dahulu agar burung- burung tersebut bisa beradaptasi, tidak stres, misalnya tempat makannya, tempat mereka mencari minum, terutama masalah lingkungan barunya, ini sangat penting menurutnya lagi, ada air mengalir sebagai tempat burung-burung tersebut mandi ketika kepanasan.

Sebelum membuat Aviary alangkah baiknya di perhitungian juga tanaman yang banyak buahnya yang bisa dimakan burung-burung yang ada di Aviary tersebut, salah satunya tanaman cherry atau tanaman buah lainnya, misalnya saja pohon pepaya dan tanaman bunga.

“Channel You Tube BDB Channel lebih banyak membahas masalah burung dan unggas ini, bukan hanya di kandang Aviary saja namun juga di alam terbuka, misalnya peliputan ke para peternak burung di tanah air, dengan cara berkunjung ke lokasi, atau peliputan ke daerah perhutanan.

BDB Channel sendiri adalah salah satu Channel yang mengupas seputar Dunia burung dan unggas langsung dari sumbernya.
Mengulas seluk-beluk dunia burung secara ilmiah dan juga seluk-beluk konservasi burung endemik di Indonesia, berisi tentang penagkaran birdwatching in wild, wisata edukasi lokal community, tips dan trik juga hobi.

Nah, bagi para pemilik aviary dan pecinta burung di tanah air, alangkah baiknya memelihara burung sesuai endemik burung tersebut sehingga ketika akan membuat Aviary dengan mengisi burung tidak asal-asalan, karena bagaima pun burung yang ada di alam masing-masing mempunyai karakter dan sifat yang berbeda cara memeliharnya, sehingga burung yang ada di Aviary tidak mati atau diserang oleh burung lainnya.
Memberikan makan yang cukup dan memantau burung-burung tersebut secara berkala.

Untuk informasi lebih jelas bisa melalui akun You tube BDB Channel, banyak informasi yang akan di dapatkan, terutama pemilik Aviary, pecinta burung di tanah air.

Penulis Niko