Akun Facebook Palsu Kalian Bisa Dilacak? “Berikut Ternyata Caranya.

0
96

Senzangwarna.com-Bandung.

Jangan berbangga dulu yang punya akun palsu tidak bisa dilacak, berikut kenapa akun media sosial kita walau palsu bisa dilacak.
Setiap akun palsu pasti terasosiasi (terhubung) dengan akun asli pemiliknya.
Bahkan bila digunakan di 1 komputer, biasanya menggunakan on-click login yang cukup menekan foto profile.
IP asli juga tercatat, bahkan bila pemilik mengelola akun-akun palsunya menggunakan social media management tool seperti Hootsuite yang bisa menggabungkan banyak akun ke dalam satu dashboard.
Jadi bila ada 1 akun palsu yang sedang diburu, tinggal menfilter nama-nama akun yang menggunakan IP yang sama dengan IP akun palsu tersebut. 
Akun yang bercorak organik adalah tersangka pertama yang dicurigai sebagai pemilik akun palsu.
Saat IP akun pemilik sudah dipegang, Polri tinggal dicari tahu lokasi alamatnya lewat provider internet.

Baca juga:
Pengguna Whats App Akan Terancam” Tidak Bisa Baca Pesan, Apabila Tidak Mengikuti Kebijakan.

Grup Facebook SDKBB Terkena Sangsi, Dan dalam Proses Pemulihan Kembali

Provider internet ini bisa operator seluler seperti Telkomsel, XL, Indosat dan lainnya, bisa juga ISP seperti BizNet, CBN, Firstmedia, dan seterusnya.
Bila IP yang digunakan berasal dari operator selular, polisi akan meminta nomor telepon HP yang terasosiasi dengan IP tersebut dari operator selular.
Pelacakan posisi bisa menggunakan metode triangulasi, data lokasi GPS terakhir, atau social engineering.
Ketika pelaku tertangkap, maka semua perangkat komputasinya (PC, laptop, ponsel) akan disita untuk diselidiki isinya dan jadi barang bukti.

Menurut laman Kompas yang kami kutif, Jejaring sosial Facebook, dapat melacak lokasi di mana penggunanya berada untuk berbagai kepentingan. Salah satunya adalah untuk keperluan menyodorkan iklan (targeted advertisement).
Pelacakan ini dapat dihentikan dengan mematikan akses aplikasi Facebook ke location services yang menggunakan kombinasi GPS dan jaringan seluler untuk menentukan posisi perangkat.
Namun, meskipun location service untuk Facebook sudah dimatikan, belakangan terungkap bahwa Facebook secara diam-diam masih bisa melacak penggunanya melalui cara lain.

Baca Juga:
Aplikasi Telegram Versus Aplikasi WhatsApp.
Jalan KBB Banyak Yang Rusak” Netizen KBB Teriak di Media Sosial.

Hal ini diungkapkan oleh Facebook dalam sebuah surat berisi jawaban atas pertanyaan terkait pelacakan lokasi dari senator AS Christopher Coons dan Josh Hawley.
Disebutkan bahwa Facebook memiliki tiga cara untuk melacak pengguna. Akses location service yang dapat dimatikan, hanya salah satu dari tiga cara tersebut.
Untuk dua cara lainnya, Facebook tidak mengandalkan GPS untuk memantau lokasi pengguna, melainkan pantauan posting pengguna dan alamat IP perangkat yang dipakai.

Menurut laman Jalan tikus. com untuk mengetahui akun Facebook palsu.
Langkah pertama adalah
Ambil foto profil dari akun tersebut, lalu beralih ke Google.
Di Google image, klik ikon kamera di sebelah kanan kolom pencarian.
Kamu bisa langsung memasukkan foto yang kamu ambil tadi ke Google atau cara lain, dengan meng-copy alamat URL tempat foto profil itu berada di Facebook. Lalu, klik Search by Image
Selanjutnya, kamu akan melihat data terkait foto profil tersebut. Dari sini kecurigaan akan mulai terjawab. Akun dengan foto profil yang banyak digunakan oleh orang lain bisa terindikasi fake account
Sedangkan, jika itu foto profil asli si pemilik akun, maka data yang akan keluar hanya satu-satunya dari seorang pengguna Facebook itu saja.

Penulis dan editor Niko
Dari berbagai sumber.