13.8 C
New York
Minggu, Mei 16, 2021
BerandaInformasi Desa Di IndonesiaDesa Pasirhalang Cisarua, Desa Yang Sangat Kental Dengan Sejarah

Desa Pasirhalang Cisarua, Desa Yang Sangat Kental Dengan Sejarah

Gunung Burangrang saat pagi hari.

Senzangwarna.com-Pasirhalang
Desa Pasirhalang Adalah salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Cisarua kabupaten Bandung Barat.
Desa yang luasnya sekitar 344.388 Ha ini dengan ketinggian 1.800 m diatas Permukaan laut, Desa yang wilayah yang sangat potensial untuk bidang Pertanian seperti daerah lain di Kabupaten Bandung Barat.

Saat turun kabut di Desa Pasirhalang.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia

Keberadaan Desa Pasirhalang sendiri letaknya dikaki Gunung Burangrang yang menjadi bagian dari cerita Sasakala Dongeng Tangkuban Parahu.Desa Pasirhalang merupakan daerah yang letaknya perbukitan dan lembah ini suhu udarnya sangat sejuk dan dingin, sehingga sangat cocok apabila ditanami sayur-sayuran, palawija, buah-buahn dan lain-lain.

Tanaman salada di Desa Pasirhalang KBB.

Mayarakatnya Desa Pasirhalang sendiri lebih banyak bertani, sebagai mata pencaharian, dan juga berternak Sapi peras. Sehingga apabila kita berkunjung ke daerah ini tidak banyak terlihat kesibukan, seperti halnya desa-desa lain, karena Masyarakatnya yang terbiasa beraktifitas di kebun dan ladang.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia

Menurut Cerita Terbentuknya Desa Pasirhalang Sendiri Sekitar Tahun 1870. Yang kalau diartikan nama Desa Pasirhlang menjadi Dua Kata.
Pasir dan Halang, (Pasir adalah bukit) Sedang Halang adalah (menutupi atau menghalangi).Menurut cerita masyarakat Setempat Desa Pasirhalang bukit yang menghalangi ketika jaman Penjajahan, dan jaman Pembrontakan sehingga Desa Pasirhalang sebagai Desa tempat bersembunyi bagi warga Masyarakat setempat dari penjajah dan Para Pembrontak pada waktu itu, Yang konon katanya pasir tersebut bisa menghalangi pandangan Para Penjajah dan Pembrontak. Sehingga akhirnya Masyarakat menjadikan Pasirhalang menjadi sebuah nama Desa sampai saat ini.

Jalan Desa Pasirhalang yang mengarah ke Tugu Mukti.

Pada Tahun 1983 Desa Pasirhalang mengalami Pemekaran wilayah, dengan Desa Tugu Mukti, mengacu kepada jumblah Penduduk pada saat itu serta Pertimbangan lainnya, sehingga memungkinkan untuk diadakan Pemekaran setelah disepakati dan ditetapkan bersama.Luas wilayah sebelum adanya pemekaran 726.388 Ha Menjadi 344.388 Ha untuk wilayah Desa Pasirhalang sampai saat ini.

Kepala Desa Pasirhalang saat ini.
Asep Rohimat
Jumblah Penduduk sekitar
5.602 Jiwa Tahun 2019.
Kelurahan / Desa Pasirhalang
Kecamatan Cisarua
Kabupaten Kota Kab. Bandung Barat Provinsi Jawa Barat
Kode Pos 40551.

Penulis dan Editor Niko. Tinggal di Sindangsari-Pasirhalang- dari berbagai sumber.

Iklan pilihan open..


Artikel Populer

Recent Comments