Pasien Corona Bisa Sembuh Dengan Plasma Darah, Apa Sih Plasma Darah?

0
81

Plasma darah sebagai obat anti bodi bagi pasien covid-19

Senzangwarna.com-Para ilmuwan dan tenaga kesehatan, termasuk di RSPAD Gatot Subroto, saat ini tengah meneliti cara pengobatan ini.

Terapi antibodi plasma darah pasien sembuh covid-19, juga dikembangkan negara lain, seperti Amerika Serikat, Iran, Jepang dan Inggris.

Black Friday Promo Hosting Unlimited Indonesia

Sejauh mana keampuhan penyembuhan covid 19 menggunakan terapi plasma darah dari pasien sembuh?
Di kutip dari Kompas.com

Harapan terus meningkat ditengah Pandemi Covid-19, plasma darah bagi Pasien yang telah sembuh menjadi antibodi bagi pasien lainnya.

Namu dari data yang terus bergerak banyak juga pasien yang sembuh.
Meski telah menular ke seluruh Dunia dengan pasien terjangkit sekitar 3 juta orang.

Baca juga:
Sandiaga Uno Pimpin Deklarasi Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19

Prediksi, Pandemi Covid-19 Akan Berakhir Bulan Mei 2020.

Covid-19 Menjadi Tolak Ukur Ekonomi dan Sosial

Sementara Detik.com melaporkan
Para peneliti di sejumlah negara mulai menguji coba plasma darah penyintas virus Corona COVID-19 untuk mengobati pasien yang masih mengidap Corona. Dalam beberapa kasus pasien dilaporkan berhasil sembuh.

Namun sebenarnya apa terapi plasma darah tersebut? Bagaimana bisa mengobati pasien virus Corona COVID-19?

Simak 6 fakta terkait terapi plasma darah untuk pasien virus Corona COVID-19 yang dirangkum detikcom dari berbagai sumber.

http://allunada.olshops.id

Bagaimana terapi plasma darah untuk pasien Corona?

Pengobatan dengan terapi plasma darah dilakukan dengan menyuntikkan plasma darah yang mengandung antibodi penangkal Corona pada pasien terinfeksi virus Corona COVID-19.

Siapa yang bisa mendonor plasma darah pada pasien Corona?

Seseorang yang sudah dinyatakan sembuh dari virus Corona COVID-19. Orang tersebut harus memiliki golongan darah yang sama dengan pasien yang akan menerima donor plasma darahnya.

Apakah terapi plasma darah terasa sakit?

Francisco Lopez, ahli hematologi di Pusat Medis St Luke, mengatakan prosedur terapi transfusi plasma darah seseorang tidak sakit dan berlangsung selama sekitar satu jam. Sementara mentransfer plasma darah ke pengidap Corona memakan waktu sekitar dua jam.

Bisakah seseorang mendonor plasma darah kedua kalinya?

Bisa. Lopez mengatakan seseorang dapat melakukan transfusi plasma darah kembali setelah 14 hari.

Bagaimana efek sampingnya?

Lopez mengatakan setidaknya dua pendonor merasa pusing saat melakukan terapi plasma darah.

Seberapa efektif melakukan terapi plasma darah?

Dokter di China melakukan terapi plasma darah pada lima pasien Corona dengan rentang usia 36 sampai 73 tahun dan dilaporkan sembuh. Studi ini terbit di Journal of American Medical Association (JAMA).

http://mathewfurniture.blogspot.com

Meski begitu satu dokter di California, AS, melakukan terapi serupa pada pasien dengan kondisi kritis namun sayangnya tak bisa terselamatkan karena virus Corona sudah merusak banyak organ tubuhnya. Namun terapi plasma darah tersebut masih dipercayai para ahli sebagai obat potensial.

Apa Sih pengertian plasma darah itu?

Plasma darah adalah komponen darah berbentuk cairan berwarna kuning yang menjadi medium sel-sel darah, di mana sel darah ditutup. 55% dari jumlah/volume darah merupakan plasma darah. Volume plasma darah terdiri dari 90% berupa air dan 10% berupa larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, ion mineral, hormon dan karbon dioksida. Plasma darah juga merupakan medium pada proses ekskresi.

Plasma darah dapat dipisahkan di dalam sebuah tuba berisi darah segar yang telah dibubuhi zat anti-koagulan yang kemudian diputar sentrifugal sampai sel darah merah jatuh ke dasar tuba, sel darah putih akan berada di atasnya dan membentuk lapisan buffy coat, plasma darah berada di atas lapisan tersebut dengan kepadatan sekitar 1025 kg/m3, or 1.025 kg/l. Serum darah adalah plasma tanpa fibrinogen, sel dan faktor koagulasi lainnya. Fibrinogen menempati 4% alokasi protein dalam plasma dan merupakan faktor penting dalam proses pembekuan darah.

Plasmapheresis adalah jenis terapi medis yang menyuling (en:extraction) plasma darah keluar dari kumpulan partikelnya untuk diolah lebih lanjut dan memasukkan kembali plasma darah tersebut pada akhir terapi.
Di kutip dari laman Wikipedia.

Nik/SW

Iklan cek. 0812 8463 0000