Contoh Laporan Laba Rugi Toko

Hello Sahabat Senzang, dalam bisnis toko, laporan laba rugi adalah hal yang sangat penting untuk menentukan keuntungan dan kerugian yang diperoleh. Laporan ini merupakan dokumen keuangan yang berisi informasi tentang pendapatan dan biaya dalam suatu periode tertentu. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas contoh laporan laba rugi toko dengan lebih detail.

Pendapatan

Gambar PendapatanSource: bing.com

Pendapatan merupakan salah satu unsur penting dalam laporan laba rugi toko. Pendapatan ini terdiri dari penjualan barang dan jasa yang dilakukan oleh toko. Pendapatan juga dapat berasal dari sumber lain seperti bunga bank dan investasi. Untuk laporan laba rugi toko, pendapatan biasanya dicatat dalam bagian pertama dan diberi judul ‘pendapatan’.

Biaya

Gambar BiayaSource: bing.com

Biaya merupakan keluaran uang yang dikeluarkan oleh toko dalam suatu periode tertentu. Biaya ini terdiri dari berbagai macam hal seperti biaya sewa, biaya listrik, biaya gaji karyawan, biaya bahan baku, dan masih banyak lagi. Dalam laporan laba rugi toko, biaya biasanya dicatat setelah pendapatan dan diberi judul ‘biaya’.

Laba/Rugi

Gambar Laba RugiSource: bing.com

Setelah pendapatan dan biaya dicatat, selanjutnya dilakukan penghitungan laba atau rugi yang didapatkan oleh toko. Jika pendapatan lebih besar dari biaya, maka toko mengalami laba. Namun jika biaya lebih besar dari pendapatan, maka toko mengalami rugi. Dalam laporan laba rugi toko, laba atau rugi biasanya dicatat setelah biaya dan diberi judul ‘laba/rugi’.

Contoh Laporan Laba Rugi Toko

Gambar Contoh Laporan Laba RugiSource: bing.com

Berikut ini adalah contoh laporan laba rugi toko:

Pendapatan Rp 50.000.000
Biaya Rp 40.000.000
Laba/Rugi Rp 10.000.000

Dari contoh laporan laba rugi toko di atas, dapat diketahui bahwa toko memiliki pendapatan sebesar Rp 50.000.000 dan biaya sebesar Rp 40.000.000. Dengan begitu, toko mengalami laba sebesar Rp 10.000.000.

Penutup

Gambar PenutupSource: bing.com

Dalam bisnis toko, laporan laba rugi sangat penting untuk menentukan keuntungan dan kerugian yang diperoleh. Dalam laporan ini terdapat tiga unsur penting yaitu pendapatan, biaya, dan laba/rugi. Dalam contoh laporan laba rugi toko di atas, dapat diketahui bahwa toko mengalami laba sebesar Rp 10.000.000. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Sahabat Senzang yang sedang membutuhkan informasi tentang laporan laba rugi toko. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Views: 1