Kuliner Khas Sunda di Kota Bandung

Hello, Sahabat SenzangWarna! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang kuliner khas Sunda yang bisa kamu temukan di Kota Bandung. Bandung memang terkenal dengan wisata kuliner yang beragam, salah satunya adalah kuliner khas Sunda yang patut kamu coba. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Nasi Timbel

Salah satu kuliner khas Sunda yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Kota Bandung adalah nasi timbel. Nasi timbel adalah nasi yang dibungkus daun pisang dan disajikan dengan lauk pauk, seperti ayam goreng, ikan goreng, tempe, tahu, dan sambal. Kamu bisa menikmati nasi timbel di beberapa tempat, seperti di Warung Nasi Timbel Bawean, Rumah Makan Khas Sunda Mang Engking, atau di resto Padang Merdeka.

Sate Maranggi

Sate Maranggi adalah sate yang terbuat dari daging sapi yang dipotong kecil-kecil dan dibakar dengan arang. Sate Maranggi disajikan dengan nasi putih, lalapan, dan sambal. Kamu bisa menikmati sate maranggi di beberapa tempat, seperti di Sate Maranggi Cibungur atau di Sate Maranggi H. Ugi. Jangan lupa untuk mencicipi sate maranggi saat berkunjung ke Kota Bandung.

Cireng

Cireng adalah singkatan dari aci digoreng, yaitu makanan yang terbuat dari tepung aci yang digoreng. Cireng disajikan dengan saus kacang yang gurih dan pedas. Kamu bisa menemukan cireng di beberapa tempat, seperti di Cireng Rujak Mang Ujo atau di Cireng Aci Garing.

Bakso Cuanki

Bakso cuanki adalah bakso yang disajikan dengan mie kuning, tahu, dan siomay. Bakso cuanki disajikan dengan kuah yang pedas dan gurih. Kamu bisa menemukan bakso cuanki di beberapa tempat, seperti di Bakso Cuanki Serayu atau di Bakso Cuanki Sumber Hidangan.

Mie Kocok

Mie kocok adalah mie yang disajikan dengan kuah kaldu sapi yang gurih dan daging sapi yang empuk. Mie kocok disajikan dengan tambahan perasan jeruk nipis dan bawang goreng. Kamu bisa menikmati mie kocok di beberapa tempat, seperti di Mie Kocok Bandung Pak Haji atau di Mie Kocok Mawar.

Soto Bandung

Soto Bandung adalah soto yang terbuat dari daging kambing dan sayuran, seperti kentang, tauge, dan daun bawang. Soto Bandung disajikan dengan nasi putih, emping, dan kecap manis. Kamu bisa menemukan soto Bandung di beberapa tempat, seperti di Soto Bandung H. St Mang Oedin atau di Soto Bandung Ina.

Lotek

Lotek adalah makanan yang terbuat dari sayuran segar, seperti kacang panjang, tauge, kol, dan kangkung, yang disiram dengan bumbu kacang yang gurih dan pedas. Kamu bisa menemukan lotek di beberapa tempat, seperti di Lotek Kalipah Apo atau di Lotek & Gado-gado Bu Euis.

Tahu Gejrot

Tahu gejrot adalah makanan yang terbuat dari tahu goreng yang dicelupkan ke dalam kuah gula merah, air asam, dan bawang goreng. Tahu gejrot disajikan dengan kerupuk dan cabe rawit. Kamu bisa menemukan tahu gejrot di beberapa tempat, seperti di Tahu Gejrot Bu Asih atau di Tahu Gejrot Cihapit.

Peuyeum

Peuyeum adalah makanan yang terbuat dari singkong yang difermentasi. Peuyeum memiliki rasa manis dan asam yang khas. Kamu bisa menemukan peuyeum di beberapa tempat, seperti di Peuyeum Bandung Cibeunying atau di Peuyeum Jalan Cihampelas.

Es Cendol

Es cendol adalah minuman yang terbuat dari tepung ketan, air kelapa, dan gula merah yang disajikan dengan es batu. Es cendol memiliki rasa manis dan segar. Kamu bisa menikmati es cendol di beberapa tempat, seperti di Es Cendol Elizabeth atau di Es Cendol Gaby.

Es Duren

Es duren adalah minuman yang terbuat dari daging buah durian yang dicampur dengan susu dan es batu. Es duren memiliki rasa manis dan creamy dari durian dan susu. Kamu bisa menemukan es duren di beberapa tempat, seperti di Es Durian Pak Asep atau di Es Durian Jalan Riau.

Kue Pisang Molen

Kue pisang molen adalah kue yang terbuat dari kulit lumpia yang diisi dengan pisang yang sudah matang dan gula. Kue pisang molen disajikan dengan taburan gula halus. Kamu bisa menemukan kue pisang molen di beberapa tempat, seperti di Kue Pisang Molen Tuti atau di Kue Pisang Molen H. Endang.

Kue Putu

Kue putu adalah kue yang terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah dan dikukus. Kue putu disajikan dengan kelapa parut dan garam. Kamu bisa menemukan kue putu di beberapa tempat, seperti di Kue Putu Mang Oded atau di Kue Putu Amanah.

Kue Lapis

Kue lapis adalah kue yang terbuat dari tepung ketan yang dibuat dengan lapisan-lapisan berbeda dan warna yang berbeda. Kue lapis memiliki rasa manis dan gurih. Kamu bisa menemukan kue lapis di beberapa tempat, seperti di Kue Lapis Ibu Nurhayati atau di Kue Lapis Nurul Iman.

Kue Cubit

Kue cubit adalah kue yang terbuat dari adonan tepung yang dicetak dengan cetakan khusus dan dipanggang. Kue cubit disajikan dengan topping yang bervariasi, seperti coklat, keju, dan stroberi. Kamu bisa menemukan kue cubit di beberapa tempat, seperti di Kue Cubit Dago atau di Kue Cubit Tunggal Jaya.

Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue yang terbuat dari adonan tepung terigu, telur, gula, dan santan yang dipanggang dalam loyang. Kue lumpur memiliki rasa manis dan lembut. Kamu bisa menikmati kue lumpur di beberapa tempat, seperti di Kue Lumpur Nyenya atau di Kue Lumpur Ibu Etty.

Brownies Kukus

Brownies kukus adalah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, mentega, dan coklat bubuk yang dipanggang dalam dandang. Brownies kukus memiliki rasa manis dan lembut. Kamu bisa menemukan brownies kukus di beberapa tempat, seperti di Brownies Kukus Amanda atau di Brownies Kukus Sukha.

Cake Coklat

Cake coklat adalah kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur, gula, mentega, dan coklat bubuk yang dipanggang dalam oven. Cake coklat memiliki rasa manis dan gurih dari coklat. Kamu bisa menemukan cake coklat di beberapa tempat, seperti di Cake Coklat Cizz atau di Cake Coklat Bercahaya.

Kesimpulan

Itulah beberapa kuliner khas Sunda yang bisa kamu temukan di Kota Bandung. Jangan lupa untuk mencicipi setiap kuliner yang ada di Kota Bandung, karena setiap kuliner memiliki rasa yang berbeda-beda. Selamat mencoba, Sahabat SenzangWarna!

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya.

Views: 0