Contoh Laporan Jurnalistik Berita

Hello Sahabat Senzang, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai contoh laporan jurnalistik berita. Sebagai seorang jurnalis, membuat laporan berita harus dilakukan dengan baik dan benar. Hal ini penting agar berita yang disampaikan dapat dipercaya dan dianggap sahih oleh masyarakat. Berikut ini adalah contoh laporan jurnalistik berita yang dapat menjadi acuan bagi Anda.

Pengertian Laporan Jurnalistik Berita

Gambar Pengertian Laporan Jurnalistik BeritaSource: bing.com
Laporan Jurnalistik berita adalah suatu jenis laporan yang dibuat oleh seorang jurnalis yang memuat informasi yang faktual dan aktual mengenai suatu peristiwa. Laporan yang dibuat harus diuji kebenarannya dan harus sesuai dengan kode etik jurnalistik.

Struktur Laporan Jurnalistik Berita

Gambar Struktur Laporan Jurnalistik BeritaSource: bing.com
Struktur laporan jurnalistik berita terdiri dari beberapa bagian, yaitu:1. Judul2. Lead3. Isi4. Foto (jika ada)5. Sumber

Contoh Laporan Jurnalistik Berita

Gambar Contoh Laporan Jurnalistik BeritaSource: bing.com
Berikut ini adalah contoh laporan jurnalistik berita singkat mengenai kebakaran yang terjadi di pasar tradisional:Judul: Kebakaran Melanda Pasar Tradisional, Kerugian Capai Miliaran RupiahLead: Kebakaran melanda pasar tradisional di Jalan Pahlawan Kota Semarang, Jawa Tengah, pada Rabu (3/3) dini hari. Sejumlah pedagang mengalami kerugian hingga miliaran rupiah akibat kebakaran tersebut.Isi: Kebakaran terjadi pada pukul 03.00 WIB dan berhasil dipadamkan oleh tim pemadam kebakaran setelah berjibaku selama 4 jam. Menurut keterangan dari Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang, kebakaran diduga disebabkan oleh korsleting listrik yang berasal dari salah satu kios. “Kami masih melakukan pengecekan lebih lanjut terkait penyebab kebakaran ini,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kota Semarang.Akibat kebakaran ini, sekitar 50 kios dan lapak pedagang hancur dilalap api. Sejumlah pedagang mengalami kerugian hingga miliaran rupiah.Foto: (Masukkan foto kebakaran di pasar tradisional)Sumber: Tribunnews.com

Kesimpulan

Gambar KesimpulanSource: bing.com
Demikianlah contoh laporan jurnalistik berita singkat yang dapat menjadi acuan bagi Anda. Penting untuk diingat bahwa dalam membuat laporan berita, harus selalu mengedepankan kebenaran dan keakuratan informasi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda. Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Views: 4