Cara Mudah Tanpa Mengetik di Word

Cara Mudah Tanpa Mengetik Di WordSource: bing.com

Memakai Voice Typing di Microsoft Word

Jika Anda merasa lelah mengetik menggunakan tangan, kini ada cara yang lebih mudah bagi Anda untuk menginput data dengan memakai fitur voice typing di Microsoft Word. Anda cukup mengucapkan kalimat yang ingin Anda ketik, kemudian program akan mengetikkan perintah Anda. Fitur ini sangat berguna bagi mereka yang ingin menghemat waktu dan upaya.

Voice Typing Microsoft WordSource: bing.com

Mengaktifkan Fitur Speech-to-Text Pada Google Dokumen

Jika Anda tidak ingin menggunakan Microsoft Word, alternatif lain adalah dengan menggunakan Google Dokumen. Anda dapat mengaktifkan fitur speech-to-text yang memungkinkan Anda mengucapkan kalimat dan menjadikannya teks pada program tersebut. Caranya, Anda tinggal menekan tombol mikrofon dan mulai mengucapkan kalimat yang ingin Anda ketik.

Speech-To-Text Google DokumenSource: bing.com

Memakai Smart Type Keyboard

Bagi Anda yang lebih menyukai mengetik di ponsel atau tablet, Anda dapat memanfaatkan fitur smart type keyboard yang menggunakan teknologi prediksi ketikan. Keyboard akan memprediksi kata-kata yang akan Anda ketik dan secara otomatis mengisi teks sesuai dengan yang Anda inginkan. Fitur ini dapat menghemat waktu dan mencegah kesalahan ketikan.

Smart Type KeyboardSource: bing.com

Menggunakan Perekam Suara

Tidak semua orang terbiasa menggunakan teknologi voice typing atau speech-to-text. Jika Anda termasuk orang yang lebih nyaman dengan merekam suara, Anda dapat memanfaatkan perekam suara untuk mencatat segala kegiatan berbicara yang ingin Anda ketikkan di word. Setelah merekam suara, Anda cukup mendengarkan rekaman tersebut dan mengetikkan semua kata-kata yang dibicarakan.

Perekam SuaraSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Pengenalan Tulisan Tangan

Bagi Anda yang lebih suka menulis tangan ketimbang mengetik, Anda dapat memanfaatkan aplikasi pengenalan tulisan tangan seperti Pen to Print. Aplikasi ini dapat membaca tulisan tangan Anda dan mengonversinya ke dalam bentuk teks yang dapat disunting pada Microsoft Word.

Aplikasi Pengenalan Tulisan TanganSource: bing.com

Menggunakan Copy-Paste

Jika Anda sudah memiliki tulisan yang ingin Anda ketikkan di word, Anda dapat memanfaatkan fitur copy-paste. Caranya sangat mudah, Anda tinggal menyalin tulisan dari sumber file lalu paste pada dokumen word. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menyalin teks dari internet atau email.

Copy PasteSource: bing.com

Menggunakan Toe-to-Text Keyboard

Bagi Anda yang mengalami gangguan fisik yang membuat Anda sulit mengetik, Anda bisa memanfaatkan Toe-to-Text Keyboard. Keyboard ini menggunakan sensor di bawah kaki untuk mengontrol tombol keyboard dan mengetik teks pada program word.

Toe-To-Text KeyboardSource: bing.com

Menggunakan Voice Memos

Jika Anda menggunakan perangkat iOS, Anda dapat memanfaatkan fitur voice memos untuk merekam ucapan Anda lalu menyimpannya dalam bentuk teks di Microsoft Word. Caranya sangat mudah, Anda cukup merekam ucapan, lalu perangkat akan secara otomatis mengubah ucapan menjadi teks.

Voice MemosSource: bing.com

Menggunakan Program Parrot Voice Recorder

Program Parrot Voice Recorder dapat membantu Anda merekam suara, mengubah suara menjadi teks, dan mengirim teks ke perangkat Anda melalui email atau SMS. Anda bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk mengubah ucapan Anda menjadi teks di Microsoft Word.

Program Parrot Voice RecorderSource: bing.com

Menggunakan Fitur AutoCorrect

Fitur AutoCorrect pada Microsoft Word dapat membantu Anda menulis lebih cepat tanpa harus memikirkan seluruh tata bahasa yang tepat. Fitur tersebut dapat mengoreksi kata-kata yang salah ketika Anda mengetik dan mengganti tulisan Anda dengan kata yang seharusnya ditulis.

Fitur AutocorrectSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Grammar Checker

Anda juga dapat memanfaatkan aplikasi grammar checker seperti Grammarly untuk memperbaiki tata bahasa dan ejaan Anda. Aplikasi ini dapat memindai kesalahan tata bahasa, penggunaan kata, ejaan dan jenis kalimat Anda.

Aplikasi Grammar CheckerSource: bing.com

Memanfaatkan Fitur Auto Summarize

Jika Anda hendak menulis sebuah artikel atau esai yang panjang, Anda dapat memanfaatkan fitur auto summarize pada Microsoft Word. Fitur tersebut dapat mengurutkan detail dan kesimpulan utama dari dokumen dan menunjukkan halaman mana yang paling penting untuk dibaca.

Fitur Auto SummarizeSource: bing.com

Menggunakan Fitur Citation Manager

Bagi Anda yang seorang penulis, mengutip sumber sangat penting. Tentunya akan memakan waktu atau bahkan membuat kesalahan jika setiap kali menuliskan sumber harus menuliskannya manual. Oleh karena itu, Microsoft Word menyediakan fitur Citation Manager, memudahkan Anda untuk mengutip sumber.

Fitur Citation ManagerSource: bing.com

Menggunakan Fitur Auto Text

Fitur Auto Text ini memungkinkan kita untuk menyimpan kata-kata atau frasa yang sering digunakan. Jika terkadang kita merasa terganggu dengan ketelitian mengetik sebuah frasa atau kata secara berulang. Maka dengan menyimpannya di Auto Text, kita tinggal menulis singkatannya saja.

Fitur Auto TextSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Microsoft Lens

Jika kita ingin mengetik sebuah tulisan di Microsoft Word dengan terlebih dahulu mengambil gambar maka aplikasi Microsoft Lens bisa menjadi pilihan terbaik. Aplikasi ini akan mengubah gambar menjadi tulisan.

Microsoft LensSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi pengubah gambar menjadi teks (OCR)

Jika Anda memiliki gambar dari tulisan dan ingin mengubahnya menjadi teks, Anda dapat menggunakan aplikasi OCR (Optical Character Recognition) seperti Adobe Acrobat, FreeOCR atau ABBYY FineReader.

OcrSource: bing.com

Mentukar pesan/email menjadi tulisan

Jika Anda merasa terganggu dengan menulis email yang panjang, maka cobalah mentukar pesan/email menjadi tulisan. Dengan mentukar email menjadi teks, maka Anda bisa menyalin teks tersebut lalu mengubahnya menjadi sebuah tulisan pada Microsoft Word.

Mentukar Pesan/Email Menjadi TulisanSource: bing.com

Memanfaatkan Fitur Autocorrect dan Smart Type di Ponsel

Bagi Anda yang lebih suka mengetik di ponsel, Anda dapat memanfaatkan fitur autocorrect dan smart type keyboard yang terdapat pada ponsel Anda. Fitur autocorrect akan membantu Anda memperbaiki ejaan dan tata bahasa Anda, sedangkan smart type keyboard akan memprediksi kata-kata berikutnya yang akan Anda ketik dan mengisi teks sesuai dengan keinginan Anda.

Autocorrect Dan Smart Type Di PonselSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Recording dan Transcribing

Aplikasi recording seperti Otter dapat digunakan untuk merekam percakapan dan mengubahnya menjadi teks yang dapat diedit pada Microsoft Word. Anda dapat memanfaatkan aplikasi tersebut untuk menghemat waktu dan mempermudah pembuatan dokumen tertulis.

Aplikasi Recording Dan TranscribingSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Talk to Text

Jika Anda mengalami kesulitan saat mengetik atau memiliki dolanan yang membutuhkan kemampuan berbicara, aplikasi Talk to Text akan berguna. Anda cukup mengaktifkan aplikasi tersebut, lalu ucapan Anda akan diubah menjadi teks pada Microsoft Word.

Aplikasi Talk To TextSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Dictation

Dalam beberapa kasus, kita mungkin tidak ingin terganggu dengan aplikasi keyboard dan lebih memilih berbicara dan diubah menjadi teks. Aplikasi dictation dapat membantu kita untuk menghemat waktu dan memudahkan pembuatan dokumen tertulis.

Aplikasi DictationSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Voice Assistants

Jika perangkat Anda mendukung asisten suara seperti Siri, Google Assistant atau Alexa, Anda dapat menggunakan asisten suara tersebut untuk mengubah kata-kata yang Anda ucapkan menjadi teks pada Microsoft Word.

Aplikasi Voice AssistantsSource: bing.com

Memanfaatkan Fitur Copy-Paste pada Ponsel

Fitur copy-paste sangat penting dalam menyalin teks atau bagian dari dokumen untuk dipergunakan kembali. Anda dapat memanfaatkan fitur tersebut pada ponsel Anda dengan melakukan copy teks yang ingin Anda salin dan paste pada Microsoft Word.

Fitur Copy-Paste Pada PonselSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi On-Screen Keyboard

Bagi Anda yang ingin mengetik di layar sentuh, Anda dapat memanfaatkan fitur on-screen keyboard yang terdapat pada ponsel atau komputer Anda. Anda dapat mengetik teks pada layar sentuh dan menggunakan fitur autocorrect untuk memperbaiki ejaan dan tata bahasa Anda.

Aplikasi On-Screen KeyboardSource: bing.com

Menggunakan Fitur AutoSummary pada Excel

Microsoft Excel juga menyediakan fitur AutoSummary yang memudahkan Anda menghasilkan tampilan ringkasan data dari lembar kerja Excel. Fitur ini dapat diakses dengan mudah dan dengan hanya beberapa klik, data Anda akan dirangkum dalam sebuah grafik atau tabel.

Fitur Autosummary Pada ExcelSource: bing.com

Memanfaatkan Aplikasi Pengolah Gambar

Apabila Anda memerlukan gambar untuk dokumen Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi pengolah gambar seperti Adobe Photoshop untuk mengedit dan memproses gambar yang Anda miliki agar sesuai dengan keinginan Anda dan jelas untuk ditampilkan pada dokumen Anda.

Aplikasi Pengolah GambarSource: bing.com

Menyalin Teks dari PDF ke Microsoft Word

Serupa dengan menyalin teks dari website, Anda dapat melakukan copy-paste pada dokumen PDF dan paste pada dokumen Word. Dokumen PDF, meskipun merupakan file gambar, tetap dapat diakses menjadi teks selama gambar tersebut belum melalui proses scan.

Menyalin Teks Dari Pdf Ke Microsoft WordSource: bing.com

Menggunakan Fitur Format Painter

Fitur Format Painter dapat dipergunakan untuk mengubah format seluruh atau bagian dari teks menjadi format yang Anda inginkan tanpa harus mengetik ulang teks yang Anda butuhkan. Anda hanya memilih teks atau bentuk yang ingin Anda format, lalu menekan tombol Format Painter, dan menerapkan format pada teks lain.

Fitur Format PainterSource: bing.com

Mengubah Tulisan Tangan Menjadi Teks

Untuk mempermudah pengubahan tulisan tangan menjadi teks pada Microsoft Word, Anda bisa memanfaatkan app tertentu seperti Google Keep. Anda cukup melakukan penulisan tangan, lalu mencari opsi untuk mengubah tulisan tangan menjadi teks. Dari sana, Anda bisa langsung menyalin teks tersebut ke Microsoft Word.

Mengubah Tulisan Tangan Menjadi TeksSource: bing.com

Menggunakan Aplikasi Microsoft Whiteboard

Menggunakan aplikasi Microsoft Whiteboard dalam membuat dokumen tertulis akan memudahkan Anda untuk membuat konsep, diagram atau rangkuman tentang topik yang ingin Anda tulis. Setelah konsep atau diagram terbentuk, pindahkan teks tersebut ke Microsoft Word.

Microsoft WhiteboardSource: bing.com

Memanfaatkan Fitur Insert Screenshot pada Microsoft Word

Jika ingin melakukan screenshot untuk disertakan pada dokumen Anda, Anda bisa menggunakan fitur Insert Screenshot pada Microsoft Word. Anda tinggal menandai area yang diinginkan pada layar, dan program akan mengambil

Views: 2