Contoh Laporan Putusan Pengadilan Pidana

Hello Sahabat Senzang! Apakah kamu sedang mencari contoh laporan putusan pengadilan pidana? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan memberikan contoh laporan putusan pengadilan pidana yang bisa membantumu.

Definisi Laporan Putusan Pengadilan Pidana

Laporan putusan pengadilan pidana adalah dokumen yang memuat keputusan hakim dalam sebuah persidangan pidana. Laporan putusan ini ditulis oleh hakim dan berisi tentang perincian kasus, fakta-fakta yang terjadi, alasan mengapa terdakwa dianggap bersalah atau tidak bersalah, serta hukuman yang dijatuhkan.

Laporan Putusan Pengadilan PidanaSource: bing.com

Struktur Laporan Putusan Pengadilan Pidana

Struktur laporan putusan pengadilan pidana terdiri dari beberapa bagian, yaitu:

  • Pembukaan
  • Identitas terdakwa
  • Identitas jaksa penuntut umum
  • Identitas majelis hakim
  • Persidangan
  • Perincian kasus
  • Alasan hakim dalam memutuskan
  • Hukuman yang dijatuhkan
  • Penutup

Struktur Laporan Putusan Pengadilan PidanaSource: bing.com

Contoh Laporan Putusan Pengadilan Pidana

Berikut ini adalah contoh laporan putusan pengadilan pidana:

Pembukaan

Pada hari ini tanggal 14 Januari 2021, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan yang dipimpin oleh Bapak/Ibu Ketua Hakim dengan anggota Hakim Peserta, memutuskan dalam perkara pidana dengan terdakwa, yaitu John Doe yang didakwa melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana diatur dalam Pasal 170 KUHP.

Contoh Laporan Putusan Pengadilan PidanaSource: bing.com

Identitas Terdakwa

Terdakwa John Doe lahir di Jakarta pada tanggal 2 Februari 1990, agama Kristiani, pekerjaan Wiraswasta, dan alamatnya di Jalan Sudirman No. 10 Jakarta Selatan.

Identitas TerdakwaSource: bing.com

Identitas Jaksa Penuntut Umum

Jaksa Penuntut Umum yang menuntut dalam perkara ini adalah Bapak/Ibu Jaksa Penuntut Umum dengan alamat kantor di Jalan Jenderal Sudirman No. 20 Jakarta Selatan.

Identitas Jaksa Penuntut UmumSource: bing.com

Identitas Majelis Hakim

Majelis Hakim yang menangani perkara ini terdiri dari Ketua Hakim Bapak/Ibu Hakim, Hakim Peserta Bapak/Ibu Hakim, dan Hakim Peserta Bapak/Ibu Hakim dengan alamat kantor di Jalan Imam Bonjol No. 30 Jakarta Selatan.

Identitas Majelis HakimSource: bing.com

Persidangan

Persidangan dilaksanakan secara terbuka dan dihadiri oleh Terdakwa, Penasehat Hukum Terdakwa, Jaksa Penuntut Umum, dan Penasehat Hukum Jaksa Penuntut Umum.

PersidanganSource: bing.com

Perincian Kasus

Terdakwa John Doe telah melakukan tindak pidana penganiayaan terhadap korban dengan cara memukul kepala dan wajah korban menggunakan tangan kosong sehingga menyebabkan korban mengalami luka memar.

Perincian KasusSource: bing.com

Alasan Hakim dalam Memutuskan

Setelah melihat bukti-bukti dan keterangan saksi-saksi di persidangan, hakim memutuskan bahwa Terdakwa John Doe terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penganiayaan sebagaimana diatur dalam Pasal 170 KUHP.

Alasan Hakim Dalam MemutuskanSource: bing.com

Hukuman yang Dijatuhkan

Untuk tindak pidana penganiayaan yang dilakukan oleh Terdakwa John Doe, Majelis Hakim memutuskan untuk menjatuhkan hukuman pidana penjara selama 6 bulan dan denda sebesar Rp 5 juta subsider 1 bulan penjara.

Hukuman Yang DijatuhkanSource: bing.com

Penutup

Demikianlah putusan hakim dalam perkara pidana dengan terdakwa John Doe. Putusan ini dapat diajukan banding oleh Terdakwa atau Jaksa Penuntut Umum dalam waktu 7 (tujuh) hari sejak putusan dibacakan.

PenutupSource: bing.com

Deskripsi Meta dan Kata Kunci Meta

Sampai jumpa kembali di artikel menarik lainnya!

Views: 0