Jalan KBB Banyak Yang Rusak” Netizen KBB Teriak di Media Sosial.

0
151

Buka untuk informasi..

Senzangwarna.com-Akhir-akhir ini masyarat Kabupaten Bandung Barat, banyak yang menulis di media sosial Facebook, masalah tentu saja jalan rusak”, dan banyak memakan korban.
Jalan tersebut, menurutnya sangat membahayakan para pengguna jalan. Dari beberapa pengguna media Facebook banyak yang menulis keluhan jalan rusak, salah satunya. Akun ketua SDKBB, Budi Juliansyah.

“Semenjak pemekaran KBB dari Kabupaten induk, jalan raya Kabupaten yang berada di daerah Desa Sukasari Kecamatan Gununghalu KBB belum tersentuh perbaikan sama sekali. Karena sudah jemu dengan jalan berlubang yang menggangu aktivitas, warga setempat dengan cara swadaya memperbaiki jalan tersebut sepanjang kurang lebih 1 700 m.
Gimana tanggapan Pemda atau Dinas terkait dengan masalah ini, atau Dewan Dapil 5 ???.

Sementara dari pengguna Facebook lainnya, Menulis status, “Bayar Pajak harus tepat waktu, tapi jalan yang rusak tidak cepat dibenarkan.”
Dari Beberapa komentar di media Facebook dan media online lainnya.
“Kabid Jalan dan Jembatan Dinas PUPR KBB, Aan Sopian”, angkat bicara, “Aan meminta Masyarakat agar bersabar, sebab menurutnya, pihak Pemda sedang Fokus menangani Covid -19.
Aan”, mengklaim, pihaknya sudah menyediakan anggaran untuk ruas jalan KBB dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan juga hasil dari MoU dengan PT SMI pada Tahun 2021 mendatang. Untuk saat ini pungkasnya, anggaran yang sudah cair masih menggunakan dana BANGUB sebesar 15 Milyar.

Baca Juga: Meski Diguyur Hujan” Jakarta Tidak Banjir, Ko Bisa, Ini Ternyata.

Baca Juga: Ini Yang Harus Di Waspadai Oleh Indonesia, Terhadap Kudeta Myanmar.

Namun Aan” Berjanji akan merealisasikan untuk jalan yang rusak tersebut segera diperbaiki.”Jalan-jalan rusak yang banyak di keluhkan netizen diantaranya:
Jalan Manapa, Ciraden, Cipanji, Cililin, Cihampelas, dan Jalan Citapen.
Kerusakan jalan tersebut tentu saja bermacam-macam, dari kerusakan parah sampai air menggenagi, dan berlubang yang sangat parah, sehingga apabila dilalui pengendara kendaraan umum, sangat membahayakan, disamping banyak keluhan lampu penerangan jalan yang tidak memadai, apabila di malam hari, sehingga ini bisa menimbulkan kecelakaan.

Masyarakat Kp Citapen- Sindangkerta KBB, Sedang Gotong-royong memperbaiki jalan. Poto by Dadan.

Masalah yang timbul tentu saja.
Aspal Yang Kurang Bagus biasanya di musim hujan akan cepat rusak dan berlubang seperti kolam.
“Di musim hujan jalan aspal yang kurang baik memang sering terjadi lebih cepat kerusakannya, sebab, jalanan aspal tersusun dengan berbagai materi yang mudah larut. Materi tersebut antara lain, batu kerikil, pasir, dan bahan agregat baru direkatkan dengan aspal.
Agar tidak terjadi kerusakan, air harus cepat dialirkan agar tidak masuk melalui pori-pori tanah, sehingga lapisan tanah menjadi jenuh air, kemudian tanah tersebut menjadi seperti bubur.

Baca Juga: Di Ujung Masa Tugasnya, Posisi Ini Sering Menjadi Rebutan.

Baca juga: Liga Satu Belum Juga Ada Kepastian, Persib Akan Pinjamkan” Castillion Ke FC Como Italia.

Cara pengaspalan yang baik:

“Pengaspalan yang baik tentu saja.
Pondasi jalan harus kuat, membuat saluran air atau drainase, agar musim hujan tidak adanya genagan air pada permukaan aspal, air akan cepat mengalir, Memadatkan aspal dengan benar, Misalnya aspal tersebut harus disilinder, Menutup lubang lebih cepat, Menanam pohon rindang yang baik, sehingga tidak menimbulkan keretakan pada permukaan jalan, dan tahap selanjutnya. mengukur beban aspal tersebut kapasitasnya, tidak dilalui kendaraan yang bebannya terlalu berat.

Penulis dan editor Niko
Senzangwarna.com

Buka untuk informasi..