13.8 C
New York
Senin, Agustus 2, 2021
BerandaNewsKopdar Grup Media Sosial Facebook" Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat?

Kopdar Grup Media Sosial Facebook” Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat?

Senzangwarna.com-Kopdar atau kopi darat, banyak di istilahkan oleh beberapa grup media sosial, sebagai ajang pertemuan, silaturahmi, dan perkenalan anggota grup agar lebih erat.
Kopdar sendiri adalah istilah umum yang banyak digunakan bukan hanya grup media sosial saja, namun dari kalangan komunitas lainpun banyak yang menggunakan kata ini.
Dari pengertian kata kopdar tentu, melibatkan individu lebih dari lima orang atau lebih.
Kopdar sendiri bernilai sangat bisa membantu ekonomi masyarakat, pelaku usaha, rumah makan, tempat rekreasi, santunan, kegiatan kemasyarakatan dan lain-lain.
Apa yang di dapat dari hasil kopdar?

advertisementTentu saja sangat banyak, salah satunya kita bisa kenal satu dengan yang lainnya, memperoleh rasa saling erat, dan persaudaraan.
Dari nilai ekonomi, kopdar juga bisa menjadi alat paling jitu, mendongkrak ekonomi masyarakat.
Dengan catatan, kopdar dibuat dan dilaksanakan dengan cara profesional, gotong-royong, melibatkan anggota lebih luas, membeli tiket apabila ditempat rekreasi, datang bersamaan, membawa kawan dan saudara.
Selama ini orang tidak banyak yang tau, melibatkan orang banyak adalah sumber ekonomi yang paling mudah, untuk kelangsungan grup, anggota, masyarakat dan para pelaku usaha.
Tentu saja, seorang yang saat ini membayar iklan di Blogspot, You tube. Dan yang lainnya, akibat banyaknya orang yang berkumpul dan transaksi, baik secara langsung, atau tidak, memahami bahwa itu adalah baik, dan bernilai ketika kita membutuhkan, untuk kemudian hari kita membelinya.
Kopdar bisa saja dibuat seperti halnya You Tube dan Blogspot memberikan sebuah nilai ekonomi kepada anggotanya, atau grup itu sendiri.
Bagaimana caranya agar itu bisa tercapai?.
Tentu saja, yang pertama adalah orangnya banyak.
Kedua adalah membuat suatu kegiatan yang bermanfaat.
Ketiga melakukan sosialisasi kepada si pemberi tempat, misalnya rumah makan, cafe, restauran dan tempat rekreasi.
Disini lah pentingnya seorang kordinator, admin atau ketua pelaksana kopdar, dengan cara bagi hasil, atau bahasa kerennya bisa dikatakan endrose sebuah tempat, produk, jasa, dan tempat lainnya.
Apakah bisa?
Tentu saja sangat bisa, dengan catatan anggotanya yang akan melaksanakan lebih dari 100 orang.
Kenapa harus banyak?, dalam teori pemasaran semakin banyak orang terlibat di dalamnya, maka semakin banyak hasil yang akan didapatkan nantinya, baik secara promosi dan penjualan.

Semakin banyak yang terlibat, maka bukan tidak mungkin, setiap kopdar kita tidak perlu bayar mahal, namun kita bisa membawa hadiah lebih besar nilainya, dari yang kita keluarkan untuk biaya kopdar tersebut.
Sebuah rumah makan yang tidak terkenal, menjadi terkenal dengan adanya kopdar, sebuah aula sewa akan banyak pemesan ketika sudah digunakan untuk kopdar, dan sebuah tempat rekreasi akan semakin rame dengan adanya kopdar.

advertisementSeharusnya setiap kopdar kita tidak perlu bersusah payah, mencari tempat dan biaya sewa, tiket dan iuran anggota. cukup datang sebanyak-banyaknya.
Kenapa harus sebanyak-banyaknya?,
Sebagai mana tulisan saya diatas semakin banyak pesertanya maka semakin terkenal dan berimbas kepada penjualan.
Kenyataan saat ini, sebuah grup Facebook besar sekalipun tidak bisa melaksanakan itu, apa yang salah, tentu saja karena, waktu, tempat, infonya yang kurang, pemberitahuan kurang jelas, sistemnya kurang dipahami, dan tidak bermanfaat, yang terakhir adalah tidak merasa tanggung jawab terhadap grup, dan bersifat unfaedah.
Sudah saatnya bagi para admin yang cerdas, ini sudah di perhitungkan agar dikemudian hari bisa terlaksana, karena untuk mengumpulkan orang banyak bukan perkara mudah, perlu orang-orang yang mempunyai terobosan, dan memahami sistem mass promo.Penulis dan editor Nikohttp://www.mathewfurniture.com

Recent Comments