| | |

Tips Disaat Pandemi Berternak Ayam Kampung, Dengan Pakan Pur Dan Susu Bekas

Saat Pandemi covid-19, bisa berkreasi dengan berternak ayam kampung.
Senzangwarna.com
Covid-19 belum juga kapan akan berakhir, namun kita harus terus bekerja dan menghasilkan apa yang kita bisa kerjakan.
Libur dirumah bukan lantas kita berdiam diri, tanpa ada kegiatan yang bisa menghasilkan.
Klik aja..

Berternak ayam kampung salah satunya, walau terlihat bisa dilakukan oleh siapa saja, namun alangkah baiknya bila berternak ayam dilakukan dengan cara yang lebih cepat dan menghasilkan.

www.domainesia.com

Indukan yang sudah mulai akan bertelur, bisa kita beri pakan yang porsinya lebih banyak dan banyak mengandung vitamin dan kabohidrat, sehingga ayam akan cepat bertelur.
Tips agar ayam kampung cepat bertelur dan,berkembang – Ayam adalah komoditas ternak yang paling banyak dikonsumsi dan dibudidayakan oleh masyarakat Indonesia.
Namun begitu, untuk membudidayakan ayam dibutuhkan pengetahuan dan pengalaman.
Jika Anda berternak ayam kampung dan ingin tahun cara agar ayam cepat bertelur dan berkembang.
Perlakukan anak dan induk agar ayam kampung cepat bertelur pertama adalah dengan memperlakukan anak dan induk dengan perkaukan istimewa.
Mengapa? tujuannya untuk mempercepat proses perkembangbiakan ayam lebih dari cara biasa.
Pertama lakukan penyapihan
lebih awal. Anak ayam harus disapih saat berumur 1 hari atau pada umur 1 bulan, sebab saat ayam berumur 1 bulan anak ayam sudah bisa mencari makan sendiri.

www.domainesia.com

Tetapi bila penyapihan lebih awal, maka harus disiapkan box khusus, diberi makanan dan pemanas yang memadai. Jangan lupa juga untuk memberi vaksin.
Pakan dan Nutrisi

Anakan ayam yang baru di sapih dari indukan./sw
Semen-tara agar ayam kampung cepat bertelur.
Kedua adalah dengan memberikan pakan dan nutrisi yang tepat. Pemberian pakan adalah:
Hal paling vital dalam mempercepat perkembangan ayam kampung petelur.
Pakan yang diberikan wajib memenuhi syarat minimal untuk produksi. Sedikitnya terdapat 6 nutrisi yang wajib ada di dalam pakan ayam. antara lain: Air, Saat sedang bertelur, atau usia petelur ayam membutuhkan 1,5 – 2 gram air untuk setiap gram pakan yang dimakan.
Protein Ayam petelur membutuhkan 16 – 17%. Karbohidrat, Lemak.
Pada umumya bahan pakan seperti dedak mengandung 2,5% lemak. Mineral. Vitamin.
Anakan ayam yang belum satu bulan yang sehat./sw
Memberi pakan ayam yang tidak diumbar harus sehari dua kali, pagi dan sore, sehingga ayam- ayam yang dikurung tidak kekurangan makanan,.
Untuk memberi pakannya, siapkan pur dan dedek halus, dicampur dengan nasi yang sudah basi, atau sudah tidak dikosumsi, diadauk dengan campuran air, atau bisa juga dengan sayur-sayuran yang sisa kita gunakan, seperti sawi, dan daun singkong, dengan cara dipotong kecil-kecil, jangan lupa juga campuran airnya air hangat, pungsinya untuk mematikan bakteri yang ada pada pakan tersebut, kemudian ditiriskan.
Indukan ayam yang sudah mulai akan bertelur, biasanya selalu berkokok dan selalu dekat dengan jantannya, supaya ayam indukan cepat bertelur, beri sedikit jagung yang sudah ditumbuk dengan kulit telur yang dihaluskan, pungsinya supaya ayam terangsang untuk bertelur.
Klik aja..

Untuk tempat bersarang bisa menggunakan kardus mie instan atau peti kayu yang kering dengan ukuran 40cm persegi.
Indukan yang sedang mengerami telur/sw
Untuk penyiapan awal biasanya ayam yang akan bertelur, akan memilih sarang yang kita siapkan, dan belum tentu juga ayam yang akan bertelur mau pada sarang tersebut, karena ayam sendiri mempunyai insting, apakah itu layak atau tidak untuk bersarang.
Yang kita perhatikan adalah, sarang harus hangat, jauh dari air, atau kebocoran air hujan, siapkan karung kering atau kain yang panas, dan jerami kering di letakan pada sarang tersebut.
Ayam biasanya akan mencakar -cakar permukaan sarang yang kita letakan tersebut, indukan ayam yang akan bertelur menyeleksi dengan cara alamiahnya.
Anakan ayam saat penjemuran/sw
Ayam akan mencari sarang untuk bertelur biasanya agak tersembunyi.
Jangan meletakan sarang ayam terlalu berdekatan, karena biasanya ayam akan saling berebut sarang yang sudah ditempati, resikonya telur yang ada disarang akan pecah, oleh ayam lain.
Selama Pengeraman ayam akan mengurangi asupan makanan, agar ayam selalu sehat, bisa memberinya jagung tumbuk, saat ayam tersebut mengeram sehingga ayam akan mengeram tidak harus keluar mencari makan, namun cukup minum dan membuang kotorannya.
Ayam yang sedang mengeram idealnya harus ditutup sangkarnya abila dalam sangkar, pungsinya supaya tidak ada ayam lain yang mengganggu.
Persiapan saat mulai penetasan.
Ayam akan menetaskan selama 21 hari, setelah itu telur akan mulai menetas, indukan akan selalu memanggil anakan yang ada dalam telur tersebut, usahakan ketika kita periksa ayam tersebut harus lebih hati-hati, sebab ayam yang galak biasanya akan lebih aktif sehingga anakan yang baru menetas akan terinjak.
Pisahkan anakan yang sudah menetas dari indukan, dengan menaruhnya di kardus yang sudah kita siapkan lampu sekitar 10 what, agar anak-anak ayam tadi merasa hangat.
Kardus yang sudah ditaruh lampu beri alas koran yang sudah digunting kecil-kecil dan memanjang
Atau dibuatkan kotak yang berisi koran.
Selama pemijahan dari indukan. diusahan agar anak ayam tidak mengenal induknya atau tidak mendengar suara induknya, sehingga anak ayam akan merasa nyaman ketika kita letakan di kardus beberapa hari.
Anak ayam yang kita letakan di dalam kardus biasanya akan mematuk-matuk apa saja yang ada disekitarnya, siapkan pur yang halus dan air di kardus tersebut, ayam akan secara langsung melaui nalurinya akan memakan pur yang kita letakan.
Ayam yang kita beri lampu tersebut harus kita cek jangan sampai terlalu panas, karena bila terlalu panas ayam akan sakit, lampu hanya kita gunakan saat malam dan siang pun apabila kondisi udaranya memang dingin sehingga anak ayam perlu penghangat
Anak ayam yang sudah satu bulan, air minumnya bisa kita beri Vitamin cicks yang dosisnya sesuai anjuran yang tertera dalam bungkus.
Saat memberi makan indukan ayam kampung saat sore hari/sw
Setelah anak ayam sudah mulai bisa memakan makanan yang lain, seperti nasi dan beras, bisa mencampurnya tetapi harus sedikit demi sedikit porsinya, sebagai tahap pengenalan pakan.
Pungsi dari pakan tersebut nantinya anak ayam akan terbiasa memakan makanan ayam dewasa.
Jangan lupa juga apabila mempunyai susu bayi yang sudah kadaluarsa, bisa juga dicampurkan dengan pakan tersebut, dan untuk menujang gizi anak ayam tersebut.
Indukan ayam agar cepat bertelur kembali setelah pemijahan, kebanyakan peternak memandikan ayam tersebut, namun apabila memang tidak sempat indukan cukup diberi pakan yang vitamin dan kabohidrat.
Ayam kampung bisanya bertelur antara 10 sampai 11 butir per induknya kalau kita mempunyai 5 ekor ayam betina, dan satu jantan, itu artinya selama satu bulan sudah mempunyai anakan ayam sekitar 50 ekor.
Dan setelah masa sapih menggunakan lampu, indukan ayam akan bertelur kembali paling lama dua minggu, tergantung indukan ayam tersebut produktif atau tidak.
Namun biasanya satu minggu indukan ayam akan bertelur kembali.
Untuk mendapatkan hasil dari ternak ayam kampung tentunya pakan sangat penting, ayam yang sehat juga sangat berpengaruh dalam berternak ayam kampung berhasil atau tidak.
Pakan sudah harus siap banyak ketika anak ayam sudah mulai satu atau dua bulan.
Memberi makan pada saat pagi hari/sw
Anak ayam yang terlihat sehat bulunya sangat rapih, badannya tegap, selalu loncat- loncat dan makannya juga sangat lahap.
Untuk menghindari hama dan penyakit, ayam yang terlihat kurang nafsu makan segera beri vitamin.
Untuk menghindari hama lain seperti tikus, kucing, dan lasun, kandang harus diberi jaring atau bambu yang rapat, tidak terkena hujan dan selalu terkena sinar matahari.
Anak ayam yang tidak terkena sinar matahari diusahakan agar menjemurnya selama kurang lebih 20 menit.

Supaya ayam selalu sehat menjemur dan memberi vitamin adalah hal wajib disamping pakan yang baik.
Artikel ini atas dasar pengalaman pribadi selama Pandemi Covid-19.
Apabila ada kekurangan dan kurang tepat bisa konsultasi dengan peternak lain yang lebih baik.
Salam ternak.

Penulis dan editor Niko untuk Senzangwarna.com

Views: 1