13.8 C
New York
Senin, Juli 26, 2021
BerandaFoodHarga Selangit Organ Tubuh Ikan Ini Sepadan Kualitas dan Manfaatnya

Harga Selangit Organ Tubuh Ikan Ini Sepadan Kualitas dan Manfaatnya

Tahukah Anda? Ikan Duri/Ote, ikan Kakap Putih, ikan Kuro, ikan Kakap Cina/Angkui, dan ikan Gulama merupakan beberapa ikan yang biasanya diburu untuk diambil gelembung renangnya.

Ikan-ikan tersebut biasanya banyak ditemukan di daerah muara sungai atau perairan yang dekat dengan pantai.

Gelembung ikan Gulama.

Bentuk gelembung renang yang sudah kering sekilas mirip dengan kerupuk, dan apabila dilihat oleh orang awam akan dianggap biasa saja.

Padahal benda mirip kerupuk tersebut memiliki nilai yang sangat tinggi jika dijual, terutama pada ikan Gulama (Pennahia argentata) yang harga gelembung renangnya mencapai puluhan hingga ratusan juta perkilo gramnya.

Mengejutkan bukan? Harganya yang tinggi membuat perburuan terhadap gelembung renang ikan ini semakin gencar dilakukan. Namun, kita tentunya berpikir, apa yang membuat harganya begitu tinggi?
Nah, sebelum itu mari kita lihat apa itu gelembung renang dan manfaatnya, serta apa yang membuat gelembung renang pada ikan Gulama memiliki harga selangit.

Gelembung renang atau swim bladder merupakan suatu organ pada ikan, berupa kantong selaput yang di dalamnya terdapat campuran gas dengan tekanan yang berubah-ubah. Gas yang terdapat pada gelembung renang adalah Oksigen (O2).

Baca juga:

Namun pada beberapa spesies, gelembung renangnya tidak berisi gas seperti oksigen, melainkan minyak.

Gambar di samping merupakan penampakan gelembung renang yang baru diambil (kiri) dan yang sudah dikeringkan (kanan).Pada umumnya, gelembung renang terletak pada bagian rongga tubuh ikan.

Gelembung ini dapat mengalami kerusakan atau kelainan yang umum dijumpai.

Irisan gelembung ikan gulama.

Misalnya luka dalam akibat berkelahi dan kelainan bentuk tubuh.

Hampir semua jenis ikan memiliki gelembung renang. Namun tidak pada beberapa ikan, contohnya pada ikan yang tinggal di laut dalam dan ikan yang memiliki tulang rawan seperti hiu. Mereka tidak memiliki gelembung renang.

Gelembung renang memiliki berbagai fungsi bagi ikan itu sendiri.

Di antaranya yaitu:

Mengatur tubuh ikan saat mengapung di dalam air, karena dengan alat itu ikan dapat menyesuaikan volume tubuh dan massa jenisnya dengan kedalaman air yang direnanginya, sehingga ikan tersebut dapatmempertahankan posisinya tanpa harus berenang secara terus-menerus.Sebagai salah satu alat untuk ikan dalam mendapatkan informasi mengenai lingkungannya.Sebagai ruang resonansi sebagai pembuat gema dan organ yang dapat menerima suara dari sekelilingnya.Pada beberapa jenis ikan, gelembung renang berfungsi sebagai alat pernapasan.

Namun tahukah Anda? Tidak hanya bermanfaat bagi ikan itu sendiri,gelembung renang ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa manfaat tersebut adalah:Meningkatkan metabolisme: Peningkatan metabolisme pada tubuh akan berdampak baik bagi kesehatan tubuh kita.

Dengan metabolisme yang baik, maka pembakaran kalori dalam tubuh akan bekerja dengan baik dan tubuh akan menjadi lebih fit, berenergi dan berat badan juga akan terkontrol.

Sumber Kolagen: Nah, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan manfaat dari kolagen ini.

Kolagen merupakan jenis protein yang sangat penting bagi tubuh kita. Manfaatnya yang paling banyak diketahui adalah mampu menjaga kesehatan kulit agar tetap kencang dan tidak mudah berkeriput.

Tidak heran lagi banyak produk kecantikan yang menggunakan kolagen sebagai salah satu bahan dasarnya.Selain yang disebutkan di atas, gelembung renang juga sangat berperan dalam bidang medis.

Misalnya gelembung renang pada ikan Tirusan atau yang biasa disebut ikan Gulama.

Ikan ini memiliki gelembung renang yang tipis, kuat, dan lentur/Nah, dengan kualitasnya yang tinggi tersebut, gelembung renangnya berpotensi diolah menjadi benang jahit yang digunakan dalam bidang kedokteran, yaitu untuk menjahit organ tubuh atau kulit setelah pengoperasian.

Dari manfaat, kegunaandan kualitasnya yang tinggi inilah yang membuat gelembung renang pada ikan ini memiliki harga yang sangat tinggi.

Banyaknya manfaat dan pentingnya perandalam bidang kesehatan dan kedokteran tersebut, tentunyamembuat organ ikan yang satu ini dicari-cari dan bernilai jual tinggi.

Sehingga melahirkan keuntungan baru dalam bidang perekonomian masyarakat, terutama bagi para Nelayan.

Dengan harga jual yang sangat tinggi tersebut, tentu sangat menguntungkan bagipara Nelayan, sehingga mereka semakin bersemangat dan gercap memburu ikan Gulama ini.

Sehingga jumlah yang didapatkan mengalami peningkatan.

Ini bisa dikatakan simbiosis mutualisme, di mana nelayan diuntungkan dari hasil menjual gelembung renangnya, dan yang membeli dan menggunakannya juga akan merasakan manfaat dan kegunaannya.

Sumber: Suarasiber.com

Recent Comments